TUGAS utama karburataur adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2).
Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misalnya :
1. Kompresi motor makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh supply Bensin lebih banyak biar mesin gak jebol.
2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran Bensin terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin harus lebih banyak.
3. Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh Bahan bakar makin banyak.
5. Dan masih banyak lagi parameter yang harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yang berpengaruh dengan settingan spuyer-spuyer sebagai penyalur bensin
Itu teori dasarnya.
Misalnya :
1. Kompresi motor makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh supply Bensin lebih banyak biar mesin gak jebol.
2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran Bensin terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin harus lebih banyak.
3. Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh Bahan bakar makin banyak.
5. Dan masih banyak lagi parameter yang harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yang berpengaruh dengan settingan spuyer-spuyer sebagai penyalur bensin
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu punya 2 spuyer-spuyer :
1. Satu buah main jet yang berperan meyalurkan bahan bakar saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
2. Satu buah pilot jet yang berperan menyalurkan bahan bakar dari putaran gas 0 derajat sampai penuh, cuma efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh rpm mesin yang sudah tinggi.
3. Untuk pilot jet dinaikan 25 atau 27,5 dan pilot jet ukuran 270,280,285,30 segini sudah cukup tergantung permintaan mesin motor masing2 khusus ninja rr
Hal lain yang berpengaruh dengan setingan termasuk :
1. Ukuran Venturi karbu
2. Jarum skep
3. Stelan angin
4. Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yang lewat sehingga butuh spuyer-spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas.
Trus kapan kita membesarkan atau mengecilkan spuyer-spuyer tadi?
Sebelumnya harus tahu dulu gejala-gejala mesin saat kekurangan bensin dan kebanyakan bensin:
1. “Ngempos” adalah gejala-gejala mesin seperti kehilangan tenaga yang disebabkan kekurangan bensin
2. “Mberebet” adalah gejala-gejala mesin yang sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalau settingannya terlalu basah.
Berarti kalau NGEMPOS mesin butuh bensin, kalau BREBET mesin kebanyakan bensin.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus-kasus yang sering terjadi karena masalah pilot jet :
1. Motor kalau pagi susah hidup karena begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naikin pilot jet.
2. Motor dah jalan tapi sering tiba-tiba kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naikin pilot jet
3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naik pilot jet
4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
5. Motor gak pakai di cuk kalau pagi N bisa langsung start
(ini juga gak normal) berarti pilot harus turun.
Kesimpulannya, kalau ada gejala-gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yang relatif rendah maka minta naik pilot jet, dan kalau ada gejala-gejala brebet di puteran rendah juga maka pilot harus turun.
Trus tuk kasus-kasus main jet :
1. Motor dibawa kebut-kebutan sampai putaran atas trus begitu finish jalan pelan-pelan jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
3. Motor ngelitik padahal yang lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
4. Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
5. motor digang full menjerit cepat itu brrti main jet kekecilan hrs dinaikan
ingat !! Setingan angin dikarburator berpengaruh besar terhadap laju motor
Kesimpulannya, jika motor brebet di putaran atas berarti main jet harus turun, jika motor suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik
Kalo buat jalan - jalan doang mendingan pakai yang standar pabrik aja, kecuali motor buat balapan karbu harus disetting lagi supaya supley bahan bakar pas
Keren bang, makasih info nya. .
BalasHapusMau nanya nih. Motor saya kan pake knalpot racing. Pake spuyer spuyer standar kan kurang enak.. Enaknya pake main jet + pilot jet ukuran berapa ya Biar tarikanya enteng. ? Tapi cuma motor buat harian koq, bukan balapan
Sy main jet 280 pilot jet 27,5
HapusKalo rr karbu Mikuni bawaan pakai 25/270 dpt irit dpt akselerasi.dn skrg sy lg mumet sendiri nyari setelan karbu pwl reameran 30 pj mj nya blm ktmuπ
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBabtu jawab: Naikin masing" 1 step aja
BalasHapusTp tergantung gejalanya yg di jelaskan di atas
Kalo main z nya ukuran 25 pilot z nya biar pas ukuran brapa ? 270 280 285 30 ? Mohon pencerahan nya . Yg saya pilot z nya 260 jadi suka ngemmposss
BalasHapusBantu jawab PJ 25 berarti MJ 280 semoga membantu
Hapus270 aja. 280 trllu boros
HapusMau nanya bos kalau bawah nya brebet bgtu naik rpm enak. Tp rpm pling atas agak nahan. Itu met jet kekecilan atau pilot jet kkecilan bos
BalasHapuspj kebesaran trus mj kekecilan
HapusKalau untk bawa pelan nafas pendek tapi bgtu rpm tinggi napas nya panjang bos
BalasHapusApakah sangat berpengaruh om leher knalpot yang L dengan leher C
BalasHapusMaaf om klo di bawa pelan mati idup mati haruss d bawa kenceng mlu normal menjet.a kekecilan aph gmna pencerahan.a om
BalasHapusMaaf om klo di bawa pelan mati idup mati haruss d bawa kenceng mlu normal menjet.a kekecilan aph gmna pencerahan.a om
BalasHapusMaaf om klu scorpio standar pakai karbu mikuni vm28 mj dan pj nya sebaiknya pakai yg berapa ya om mohon masukannya trims
BalasHapusMojon bantu om.
BalasHapusKalau rpm gas naik 800 agak berebet dan agak ngempos dikit apanya y.
Saya dah pake pz dan mz uluran 25.
Dan 270
Mj di naikin bos
HapusMau nanya suhu., kalo blok seher udah oversize 100 trus lobang ex udah di gedein 2mili, kira2 pake pj sama mj nya brapa yah?? Biar pas settingan nya.. Pencerahannya suhuππ»
BalasHapusMau tanya suhu.. Kalo pilot jet ninja rr beda ngga dengan ninja r..
BalasHapusBeda kak.. Klo pilot jet ninja rr 22,5 smpe 27,5
HapusKlo ninja r 45
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBang klo main jet dan pilit jet ninja rr thn 2015 brp ukurannya. Mtr saya beli second. Kata yg punya nya mah pilot jet ama main jet standart. Puteran angin saya udah setel enaknya di 1,5 putaran. Tpi klo mau jalan awalnya mtr kaya keborosan bensin ngobok bgt. Gantung setengah kopling gas digedein br mau jalan. Kenapa ya bang gejala bgt. Trima kasih bang rudi
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNanya suhu, d putaran atas sekitar RPM 9000keatas tiba" mesin njerit rpm langsung naik cpt, tp setelah oper gigi masih njerit lalu ngempos rpm turun, ga ada tenaga, itu kenapa ya ??
BalasHapusMj di besarin
HapusBos mau nnyak. Klo motor atas.a agak nahan itu ap.a yg hrus d ganti bos,,? Knlpot resihg, pj 25, mj 255 pk pu.a king,, mohon d bantu bosq
BalasHapusMj dibesarin, coba 280
HapusBang kenapa ya motor saya susah hidup klo habis tidur panjang ..
BalasHapusTerus PJ sama MJ nya bisa pakai yg imitasi
Mohon pencerahanya bang?
bg, sy udh ganti pj dan mj 25/280, tp mesin malah mati. apa mj kegedea atau gmn? jarum skep saya turun paling bawah, soalnya klo tengah dan atas mati
BalasHapusKlip jarum taruh paling atas aja
HapusMasukannya mas klw pj25 mj280 klip jarum skip tepatnya ditaro no.brapa/dmana? Pnp ninja rr
HapusSuhu mohon pencerahanya, motor saya ninja r tarikan bawah enak tapi tarikan atas.nya ngeden. Saya coba jajal cuma lari nyampe 100 doang.
BalasHapusItu apanya ya bos?
Smenjak pakai knalpot racing larinya jadi ngawur gini, cari settingan ga nemu2 mj udah di naikin jadi 140.
Mkasih suhu jawabanya
Mohon pencerahan nya ya agan2,,
BalasHapusNinja r gue pakai knalpot standart lari nya normal aja. Pas sdh gnti knalpot racing malah susah naik pas rpm 7000 mesin menjerit ga bisa lari makin digas makin menjerit diputaran atas nya..
Ukuran pj 45 dan mj 138
HapusUkuran pj 45 dan mj 138
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMau nanya mas kalau karbu pe26 pilot jet sama main jet nya yang pas kira2 ukuran berapa ?
BalasHapusOm apakah sudah benar saya pake karbu mikuni standar ninja rr, knalpot racing merk creampie, pj nya 27,5 mjnya 280.
BalasHapusUdh pas sgtu.setel angin dan liat warna busi smpe merah bata.
HapusMasih brebet om di putaran atas .
HapusPake Pj.270 mj 27.5
Maap bos tanya dikit ya kalo pake kenalpot racing mesin standar ada epek buruknya gak si soalnya ada yg bilang kalo pake kenalpot racing tuh harus ada yg di ubah pada karbunya gitu bener gak tuh bos makasibos
BalasHapusBang mw tanya,klo ninja rr mesin dingin harus dichoke apa nya tuh,karbu standart mikuni vm28,PJ dh naik 1 step.
BalasHapusSuhu mhn dbantu ..pj 25 mj 260 .. gigi 1/2 motor kya nahan( brebet ) tp pas msuk gigi 3 open kips baru enak motor mau lari .. itu kira2 knpa ya
BalasHapusMj y naikin bos280
BalasHapusMj y naikin bos280
BalasHapusMau tanya par Suhu...
BalasHapusKarbu standar ninja rr pilot jet 25 mainjet 280..
Open kips lambat ngebuka, musti bleyer kopling
Terus di rpm 6000 ke 7000 suara mesin kasar seperti benturan logam stelah open kips suara kasarnya hilang
Mohon solusinya
mau nanya bos kalo karbu ane pas di gas full malah kaya kekurangan bensin. gas bawah smpe tengah lancar, pas gas tinggi malah kaya ngokk gtu kekurangan bensin. itu apa ya bos? mohon di jawab.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMau nanya bos motor saya ninja rr udah naik pj 270 dan 27,5 saya pakai knalpot racing crempi pas gigi 1234 enak bos tpi pas gigi 5 open kips tahan gas malah nahan dan menjerit pas gigi 6 open kips nahan bos mohon di jawab bos
BalasHapusMau nanya patek kmarin aku ke bengkel servis motor trus di tesnya motor aku sebelum servis.setelah di bawa katanya motor ku masi enak tarikan awal sama kencang tak ada masalah sama sekali,cuman masalahnya cewek ngga ada haahha
BalasHapusMasukannya mas klw pj25 mj280 klip jarum skip tepatnya ditaro no.brapa/dmana? Pnp ninja rr
BalasHapusAgan-agan mau naxa,ninjarr gue,pkaikarbu PWK 28 KAWAHARA,PJ MJ YG pas brpa ya gan, ,
BalasHapusπππbermanfaat
BalasHapusBang kalo ninja rr pake.creampie biasanya main jet sama pilot.jet ukuran brapa?
BalasHapusAku punya ninja rr 2010 tarikan nya kurang .. dan gak ada tenaganya. Itu pengaruh dari apa ya suhu.. buat nanjak gigi 1 aja sulit kaya kagak kuat .. tolong infonya suhu
BalasHapusMau tanya kalo untuk blok yang udah porting idealnya pake pj mj ukuran brp ?
BalasHapusMau tanya kalo untuk blok yang udah porting idealnya pake pj mj ukuran brp ?
BalasHapusMau tanya boskuu,,,,RR saya ituu brebet,nya minta ampun,,,tenaga kurang,,,trusss sayaa mau ganti pj25 mj280,,,kira² gimna yaaa...masukk enggak..???
BalasHapusMotor saya ninja R. Karbu pe. Pilot jet 38. Main jet nyah 110. Motor susah hidup sama tarikan awal agax ngempos kira2 enak nyah di naikin ke beraberapa yah? Minta info nyah
BalasHapusMau nanya bang,masih pemula.untuk ninja rr new mtr msh standart semua,biar enak untuk harian dan untuk mesin juga biar awet. pas nya pakai ukuran PJ sama MJ nya brp?.
BalasHapusMohon pencerahan nyaπππ.
Trmksh.
Bos mau nanya nih motor saya ninja rr di bawa pelan mah enak bos. Tapi klo mau gas pool itu agak nahan sama knalpotnya kaya ngebelekbek gitu bos. Kira kira apanya itu bos. Mohon pencerahanya bos
BalasHapusMas bro
BalasHapusMotor saat di star awal pagi mintanya sllu di cok agak lama baru motor langsam normal,kalo di cok bntr kemudian cok off lanjut digas engine langsung ngok mati...posisi mj 138 pj 45 knalpot standar di bedel,motor ninja ss buat setingan harian aja mas bro...jadi troublenya pada star awal minta cok agak lama kemudian baru langsam enak...apakah pj minta di naikkan dan mj juga di naikkan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusBng kenpa ya mtor saya putarn atas brebet dan saya gas bunyinya kayak mau mati gitu posisi mj 280 PJ 25 mohon solusinya
BalasHapusNinja RR pakai creampie zz1 pj25 mj290 matul.jarum skep taruh tengah(stdr)
BalasHapusBro ninja rr saya thn 2013 gigi 1 & 2 di rpm 7000 brebet nahan tapi gigi 3,4,5,6 normal.. pj25 mj280 ,,
HapusMaijet nya masih kekecilan kah?
Sy mau coba mj290 mudah2an gigi 1&2 ngga brebet nahan lagi
Pake perutan berapa bang
HapusMaaf om maunanya, ninija rr saya full standart, tapi gigi 1 dan 2 brebet, seterusnya lancar,, kira kira pj nya perlu dinaikin gak om,,
BalasHapusMau nanya om sy br bli ninja r secon kl putaran awal ngempos bgt pilot jet mainjetnya pk ukuran brp mrk apa ya om lubang kipsnya ditutup gigi kipsnya dah ditaekin ke 2 apa hrs pk filter udara biar enak knalpot pk andy sped kompetisi
BalasHapusIzin nanya para senior Ninin saya pake PJ 25 MJ 280 tarikan bawah nahan tapi tarikan tengah ke atas itu nendang banget kira"apa PJ nya ke kecilan ?
BalasHapusPutaran angin 1,5 cek busi ujung kecilnya warna coklat tapi bagian lain nya hitam kering ,,,
Minta masukannya ya πππ