Selasa, 27 September 2016

metode penelitian teknologi informasi

ABSTRAK
Game First Person Shooter (fps) adalah salah satu jenis game (genre) yang digemari menggunakan pandangan orang pertama di mana pemain seolah-olah menjadi karakter utama dalam game yang berpusat pada permainan di sekitar senjata-senjata dan peluru tempur. First Person Shooter  jenis 3D game shooter yang menampilkan orang pertama sudut pandang dengan pemain yang melihat aksi melalui mata karakter permain.  Tidak seperti orang ketiga penembak yang terlihat dari bagian belakang atau samping, yang memungkinkan gamer untuk melihat karakter mereka mengendalikan. Elemen desain utama adalah pertempuran, terutama yang melibatkan senjata api.  Orang jujur pertama dapat dianggap sebagai genre yang berbeda dalam dirinya sendiri, atau jenis permainan penembak, pada gilirannya sebuah subgenre yang lebih luas permainan aksi genre.
Perancangan Game FPS the mission of densus 88 of Jakarta berbasis 3D dengan menggunakan unity 3D dan blender . Unity 3D adalah sebuah game engine yang menggunakan bahasa pemrograman Javascript dan C# yang digunakan untuk membuat game 2D atau 3D pada konsol Personal Computer, Smartphone, Mac, dan media lainnya. Lisensi yang diberikan ada yang free (gratis) atau berbayar.
Blender adalah Blender adalah produk perangkat lunak open source 3d yang gratis yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual (UV unwrapping), texturing, modeling 3D, rigging, fluid dan smoke simulasi, rendering , camera tracking, video editing dan juga memiliki game engine untuk pembuatan game. Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS


Kata Kunci: FPS, Javascript, C#, Unity3D, Blender






BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Game merupakan salah satu hiburan karena mampu mengurangi tingkat kepenatan seseorang dari rutinitas pekerjaan setiap hari. Game juga mampu meningkatkan kecerdasan seseorang ketika game tersebut memerlukan tingkat ketangkasan dari seorang pemain. Beberapa game yang beredar saat ini terdapat unsur mendidik, ketangkasan dan ada pula unsur kekerasan, maka ketika game itu diperjual belikan terdapat batas umur pemakainya.Kemampuan sumber daya manusia ikut meningkat seiring perkembangan teknologi informasi. Dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi, konsol - konsol game pun ikut berkembang seperti perangkat konsol game Play Station 4, X-Box 360 Slim dan Nintendo WII. Selain dari konsol, game juga bisa dijalankan dari personal computer atau yang biasa disebut dengan PC Games.Game First person Shooter sendiri banyak sekali yang telah terkenal dari masa ke masa. Saat ini sudah banyak sekali bermacam macam game bergenre first person shooter yang telah kita ketahui seperti Call of Duty, Counter Strike, Battlefield, Point Blank  dan lain sebagainya.Terinspirasi dari game game fps yang ada penulis ingin membuat game fps sederhana yang bernama Jungle War dengan menggunakan software Unity 3D.Pada penelitian studi literatur yang sudah ada, Perancangan game Fps 3D [1]. Pembuatan game edukasi pemberantasan koruptor berbasis 3d menggunakan unity 3d [2]. Game fps gamashoot menggunakan software blender dan unity 3d [3]. Game adventure misteri kotak pandora menggunakan aplikasi  unity 3d dengan blender [4] . Pembuatan aplikasi game 3 dimensi “the timi” menggunakan software unity 3d dengan blender [5] perancangan game fps (first person shooter) police personal training. Mengacu pada aplikasi dan jurnal yang penulis lihat terdapat beberapa kekurangan seperti tidak adanya menu pilihan, tidak adanya petunjuk penggunaan aplikasi serta suara informasi yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang diatas dalam tugas metodologi penelitian ini mengambil judul “Perancangan game ( fps ) the mission of densus 88  jakarta menggunakan aplikasi blender dan unity 3d
                                                                                                    






1.2              Identifikasi Masalah
Berdasarkan dengan judul tugas metodologi metodologi penelitian teknologi informasi yang dibuat, maka mengidentifikasikan beberapa masalah pada perancangan ini yaitu:
1.      Dari beberapa jurnal pembanding game yang dibuat cukup rumit dan mempunyai alur cerita yang berbeda beda..

1.3              Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan diatas maka masalah yang akan dibahas disini adalah membuat sebuah game fps sederhana dengan berbagai fitur yang dapat menunjang pemain agar nyaman dalam memainkan game first person shooter ini dan dapat dimainkan dengan spesifikasi Personal Computer yang rendah.

1.4              Batasan Masalah
Agar ruang lingkup proyek akhir ini tidak menyimpang dari tujuan tugas metode penelitian teknologi informasi, maka penulisan akan dibatasi ruang lingkupnya sebagai berikut :
1.      Perancangan Game First person Shooter akan dirancang dengan software Unity 3D dan Blender
2.      Game ini hanya dapat berjalan pada perangkat Personal Computer

1.5              Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai pada pembuatan tugas metode penelitian teknologi informasi dengan judul Perancangan Game First Person Shooter adalah:
1.      Membuat Game Fps Sederhana yang tidak memberatkan sistem computer dan dapat dimainkan dengan spesifikasi PC yang rendah.
2.      Membuat game Fps yang mudah dimainkan oleh semua kalangan dan tidak ada batasan umur untuk memainkannya.

1.6              Manfaat Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai pada pembuatan tugas metode penelitian teknologi informasi dengan judul Perancangan game fps ini dapat membantu orang-orang lebih mengenal tentang game fps yang mudah dimainkan oleh segala macam usia dan mengenal kan bahwa Unity 3D dapat membuat game bergenre First Person Shooter.


1.7              Metodologi Penelitian
Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan dalam “Perancangan game ( fps ) the mission of densus 88  jakarta” serta penulisan tugas metode penelitian teknologi informasi  ini adalah sebagai berikut :

1.7.1 Metode Pengumpulan Data
1.      Observasi
Data - data tentang game First Person Shooter diperoleh dengan mencoba mempelajari dan mengamati game sejenis yang telah ada secara langsung.
2.      Studi Literatur
Mempelajari  konsep – konsep tentang game first person shooter pada jurnal jurnal terkait guna mendukung game yang akan dikembangkan. Dengan demikian, analisa kebutuhan yang akan digunakan untuk membangun game bisa diketahui seluruhnya.
3.      Internet
Data – data yang diperoleh dari situs web berupa artikel, jurnal, bacaan-bacaan dan tutorial yang ada kaitannya dengan judul penelitian untuk membantu dalam proses pembuatan Game ini.

            1.7.2 Metode Perancangan Aplikasi
Pada perancangan aplikasi, penulis melakukan beberapa tahapan, yaitu :
1.   Pre Production : Proses penyiapan semua elemen yang akan digunakan. Seperti pembuatan objek dan membuat desain.
2.   Production : Proses pelaksanaan produksi yang mengacu pada tujuan.
3.   Post Production : Proses Finishing dari suatu produksi. Seperti running(build) aplikasi menjadi format exe.




Bagan alur kerja pembuatan game
1.8       Sistematika Penulisan
Untuk memberikan suatu gambaran yang jelas dan sistematis dalm mempermudah pemahaman , maka dalam penulisan tugas metode penelitian teknologi informasi  ini dikelompokkan menjadi 5 bab, yaitu sebagai berikut :
                       BAB I   : PENDAHULUAN
Bab ini mengenai latar belakang masalah yaitu hal-hal yang melatar belakangi pengambilan judul “Game FPS the mission of densus 88 of Jakarta”. Kemudian identifikasi masalah dan juga rumusan masalah , batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian ,serta sistematika penulisan.
BAB II            : STUDI PUSTAKA
Berisikan tentang jurnal-jurnal atau aplikasi pembanding yang telah menjadi acuan dan mendasari dalam pembuatan “Perancangan Game FPS the mission of densus 88 of Jakarta berbasis 3D dengan menggunakan unity 3D dan blender”.

                        BAB III: TAHAP PERANCANGAN
Bab ini menjelaskan tahap-tahap perancangan dalam pembuatan aplikasi, design aplikasi, storyboard, spesifikasi sistem, serta gambaran umum rancangan aplikasi
BAB IV: IMPLEMENTASI, TESTING ANALISA
Bab ini berisikan pembahasan tentang implementasi aplikasi yangtelah dianalisa dan pengujian sistem yang telah dilakukan.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan dari aplikasi yang dibuat serta saran yang diharapkan dapat memberikan solusi bagi sistem yang berjalan.
                       
Daftar Pustaka


















BAB II
STUDI PUSTAKA
1.      PEMBUATAN GAME EDUKASI PEMBERANTASAN KORUPTOR BERBASIS 3D MENGGUNAKAN UNITY 3D
PROGRAM STUDI DIII TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA





Game edukasi pemberantasan koruptor dengan judul game “The KPK Defense” ini memiliki tujuan sebagai media edukasi dan ajakan bagi masyarakat dalam memerangi kejahatan korupsi.
Game bergenre Tower Defense dengan judul “The KPK Defense” ini mengangkat tema cerita yang berhubungan dengan kritik sosial dan kemasyarakatan yang saat ini sedang dialami oleh negara Indonesia, yaitu korupsi. Abraham Samad selaku pimpinan tertinggi pada lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diangkat sebagai tokoh utama dalam game ini. Sesuai tugasnya di lembaga tersebut Abraham akan berusaha menangkap tokoh – tokoh nasional yang tertangkap basah telah melakukan tindak pidana korupsi dan berusaha kabur dari kejaran para aparat KPK dengan membawa kekayaan negara. Latar belakang tempat dan karakter diangkat sesuai dengan kasus – kasus yang telah terjadi di Indonesia seperti kasus Hambalang, Bank Century dan lain – lain.
Permainan The KPK Defense berbasis 3D ini dibuat menggunakan Unity 3D GameEngine. The KPK Defense memiliki jalan cerita aksi pencegahan korupsi yang bentuk permainannya adalah mencegah musuh mencuri aset negara dan mencoba meloloskan diri dari kejaran KPK menuju titik finish. Jenis permainan yang digunakan adalah Real Time Strategy, dimana player sebagai pengguna langsung memainkan karakter utama pemberantas korupsi, yaitu Abraham Samad

2.      Game FPS GamaShoot menggunakan Software Blender dan unity 3d
                       
                       

                       
Tampilan Game Gama Shoot menggunakan perpaduan software unity dan blender
Pada gambar diatas adalah game yang dibuat oleh Muhammad Haki Fauzi dan Rodiah jurusan Teknik Informatika dari Universitas Gunadarma yang membuat sebuah game FPS yang menggunakan perpaduan software blender dan Unity 3D dalam proses pembuatannya. First-Person Shooter 3D game yang dibuat dengan Unity 3D dan Blender telah berhasil menghasilkan suatu permainan dengan karakter berupa arah pergerakan, arah pandangan, menembak, mengisi peluru, dan membidik. Semua fungsi tersebut disatukan pada  sebuah  karakter  pemain  dengan  sebuah  game engine yaitu Unity 3D. Suatu animasi perlu sekali disertakan agar pemain merasa terkesan saat memainkannya, seperti animasi mengisi amunisi (reload).Pengembangan juga dapat dilakukan dari sisi audio seperti suara berjalan, suara ledakan, dan lain-lain.Penambahan dari fasilitas senjata-senjata pelengkap lainnya seperti bom, pisau, dan tameng juga dapat menjadi pengembangan selanjutnya pada game ini.



3.       GAME ADVENTURE MISTERI KOTAK PANDORA menggunakan aplikasi  unity 3d dengan blender




Wahyu Pratama Program Studi Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
Dalam game “Game Adventure Misteri Kotak Pandora” disajikan dengan visualisasi 3d dan dengan latar belakang tempat yang mempunyai unsur budaya Indonesia seperti adanya candi dalam latar belakang tempat pada game ini.
Materi atau cerita yang disajikan tentang sebuah game yang menceritakan seorang mahasiswa yang mengalami hal-hal ghaib yang terjadi di kampusnya dan mempunyai misi untuk menguak misteri kotak Pandora agar kampusnya kembali aman. b. Game ini mempunyai 4 level dan setiap levelnya mempunyai tantangan atau kesulitan berbeda-beda.
Tujuan dari aplikasi Game Adventure Misteri Kotak Pandora yaitu sebagai salah satu bentuk cara ikut memajukan dan berpartisipasi dalam dunia game Indonesia. Game ini disajikan dalam bentuk *.exe yang siap digunakan dan dimainkan oleh orang yang berusia 17 tahun keatas atau disebut mature, serta dengan visualisasi gambar yang menarik serta pusaka kotak Pandora dan mengembalikannya ke Watu Graha. Pemain harus berhati hati, karena bukan kekuatanlah yang bisa mengalahkannya namun dengan kepintaran dan akal. Jika dalam level ini pemain kalah, maka pemain akan kembali mengulang pada level in
Dalam membuat sebuah game, sangat dibutuhkan cerita yang unik dan menarik yang melatar belakangi sebuah game tersebut. Cerita yang kuat akan menambah nilai pada sebuah game. Pemain akan serasa ada dalam cerita game itu. Sedangkan cerita yang unik di sebuah game sebagai nilai tambah yang membedakan dari game lainnya. Namun untuk menciptakan suatu cerita yang bagus, harus menentukan tema dahulu agar nantinya cerita lebih mendetail dan tidak melebar kepembahasan lainnya. Tema yang menarik merupakan hal dasar untuk mengembangkan suatu karya. Proses selanjutnya setelah membuat sebuah cerita untuk game kemudian dilanjutkan dengan menentukan perangkat yang akan digunakan untuk pembuatan game. Dalam tahap ini, dilakukan pembuatan spesifikasi meliputi program Game Adventure Misteri Kotak Pandora, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program
link ://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/viewFile/247/222

4.      PEMBUATAN APLIKASI GAME 3 DIMENSI “THE TIMI” MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D DENGAN BLENDER
JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA






1.      Game “The Timi” adalah game 3 dimensi dengan jenis adventure game. Game ini dapat digunakan sebagai sarana belajar hitung dasar matematika karena didalamnya terdapat pertanyaan seputar matematika dasar antara lain penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Game ini memiliki aturan yang harus dipatuhi, yaitu harus mengitari lokasi sekitar (map) untuk dapat menemukan Non Player Character (NPC) dan harus menghindari rintangan agar nyawa tidak habis. NPC akan memberikan pertanyaan pertanyaan yang harus dijawab sesuai dengan level dan jenis pertanyaan tersebut. Pemain yang berhasil menjawab pertanyaan akan lanjut ke stage berikutnya.
2.      Pemain dapat memulai permainan baru. 2. Pemain dapat memilih level. 3. Navigasi game meliputi: 9 Menu utama yang berisi menu lanjut, mulai, pilih game dan kredit. 9 Navigasi mulai adalah pada saat pertama kali game dimainkan. 9 Navigasi lanjut berisi level terakhir saat dimainkan. 9 Navigasi pilih game berisi pilihan level 1, 2 dan 3 apabila pemain sudah menyelesaikan semua level. 9 Navigasi kredit berisi tentang informasi pihak pembuat game.

5.      Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police Personal Training
Game Police Personal Shooter ini dimodeling dengan aplikasi Blender dan menggunakan Unity 5 sebagai game engine.Blender merupakan aplikasi modeling open source yang banyak digunakan untuk membuat animasi dan modeling.selain itu Unity 5 merupakan aplikasi game engine yang sering digunakan untuk membuat game.Game Police Personal Shooter termasuk sederhana dan mudah untuk diselesaikan.Terdapat 2 scene dalam game ini. Scene 1 yaitu menembak target sasaran dan scene 2 menghancurkan gambar teroris. Pemain yang merupakan calon polisi cukup mendapatkan score tertentu dengan menembak target sasaran dan menghancurkan gambar teroris untuk mendapatkan score dan menyelesaikan permainan.









2.1.6 Kesimpulan

Jurnal
1
2
3
4
5
ME
1
3D
2
face game
3
Spek kom rendah
4
Cahaya
5
Desaign costum
-
-
6
About
7
Ptjk. Bermain
8
Menu
9
Suara tertembak
-
-
10
Suara senjata
-
-
11
Suara music
-
12
Suara berjalan
13
Suara isi peluru
-
-
14
Efek ledakan
-
-
15
Senjata pelengkap
-
-
16
Level game
17
Peta
18
Pengisian peluru
-
-
19
Kesulitan game
20
Objek pohon
21
Objek gedung
22
Objek rumah
23
Objek mobil
-
-
-
24
Menu penyimpanan game
25
Menu volume
26
Menu game over

BAB III
Tahap Perancangan
3.1       Spesifikasi Sistem
Sistem dikembangkan dengan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan seperti dijelaskan pada tabel 3.1 dan 3.2.
Spesifikasi Perangkat Keras
Prosesor
AMD FX 6300
Memori
4 GB
Harddisk
500GB

Tabel 3.1. Spesifikasi Perangkat Keras Pengembangan Sistem
Spesifikasi Perangkat Lunak
Sistem Operasi
Windows 8
Bahasa Pemrograman
Java

Tabel 3.2. Spesifikasi Perangkat Lunak Pengembangan Sistem
















Tools yang digunakan untuk membuat game FPS Jungle War menggunakan Unity 3D
3.2             Tahap Pre Production
Pada bagian ini akan diterangkan mengenai beberapa dasar pengetahuan  pengertian tools yang terkait dengan penelitian ini  dan tahap-tahap instalasi tool yang akan dilakukan dalam membuat Aplikasi ini.
3.2.1        First Person Shooter
Game First Person Shooter (fps) adalah salah satu jenis game (genre) yang digemari menggunakan pandangan orang pertama di mana pemain seolah-olah menjadi karakter utama dalam game yang berpusat pada permainan di sekitar senjata-senjata dan peluru tempur. First Person Shooter  jenis 3D game shooter yang menampilkan orang pertama sudut pandang dengan pemain yang melihat aksi melalui mata karakter permain.  Tidak seperti orang ketiga penembak yang terlihat dari bagian belakang atau samping, yang memungkinkan gamer untuk melihat karakter mereka mengendalikan. Elemen desain utama adalah pertempuran, terutama yang melibatkan senjata api.  Orang jujur pertama dapat dianggap sebagai genre yang berbeda dalam dirinya sendiri, atau jenis permainan penembak, pada gilirannya sebuah subgenre yang lebih luas permainan aksi genre.

Kebutuhan Software










Unity adalah salah satu game engine yang banyak digunakan. Dengan software ini, membuat game sendiri dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Hebatnya lagi, unity mensuport pembuatan game dalam berbagai platform, misal Unity Web, Windows, Mac, Android, iOS, XBox, Playstation 3 dan Wii. Pada Unity terdapat hal penting untuk membuat atau membangun suatu karya, diantaranya yaitu:
a. Project
Project merupakan kumpulan dari komponen – komponen yang dikemas menjadi satu dalam sebuah software agar bisa di build menjadi sebuah aplikasi. Pada Unity, project berisi identitas aplikasi yang meliputi nama project, platform building. Kemudian package apa saja yang akan digunakan, satu atau beberapa scene aplikasi, asset, dan lain – lain.
b. Scene
Scene dapat disebut juga dengan layar atau tempat untuk membuat layar aplikasi.Scene dapat dianalogikan sebagai level permainan, meskipun tidak selamanya scene adalah level permainan. Misal, level1 anda letakkan pada scene1, level2 pada scene2, dst. Namun scene tidak selamanya berupa level, bisa jadi lebih dari satu level anda letakkan dalam satu scene. Game menu biasanya juga diletakkan pada satu scene tersendiri.Suatu scene dapat berisi beberapa Game Object.Antara satu scene dengan scene lainnya bisa memiliki Game Object yang berbeda.
c. Asset dan Package
Asset dan Package adalah mirip, suatu asset dapat terdiri dari beberapa package. Asset atau package adalah sekumpulan object yang disimpan. Object dapat berupa Game Object, terrain, dan lain sebagainya.. Dengan adanya asset/package anda tidak perlu susah-susah membuat object lagi jika anda telah membuatnya sebelumnya. Anda dapat mengimport nya dari project lama anda.
Sistem Minimal Unity 3D
·         Prosesor intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64 3 GHz
·         Sistem Operasi microsoft windows 7 SP1, windows 8 atau windows 8.1 dan Mac OS X 10.7
·         RAM 2 GB
·         Ruang Harddisk 3.2 GB
·         Monitor dengan resolusi 1024x768 dengan 16 bit color dan 512VRAM
·         OpenGL 2.0
·         Koneksi Internet






3.2.2    Interface Software

Sebelum memulai merancang game yg akan di buat disini akan di jelaskan interface di dalam software Unity 3D

Di dalam Unity ada beberapa interface yaitu:
·         Toolbar
·         Scene
·         Hierarchy
·         Inspector

Toolbar

Toolbar di sana merupakan kontrol utama dalam Unity3D.Mari kita lihat satu-persatu.
Tombol nomor 1-4 merupakan Transform Tool yang akan di gunakan untuk melihat ruang 3 Dimensi dari berbagai sisi dan mengubah bentuk-bentuk objek 3 Dimensi tsb.
1. Zoom Tool = Memperdekat/jauh penampakan
2. Move Tool = Memindahkan/menggeser objek 3D
3. Rotate Tool = Memutar objek 3D
4. Scale Tool = Memperbesar/memperkecil ukuran objek 3D

-Berikutnya nomor 5 dan 6 digunakan untuk memilih penampakan Gizmo. Dalam Unity3D Bisa memilih 2 penampakan yaitu Global dan Local.

-Nomor 7-9 merupakan Runner dalam Unity. Berfungsi untuk menjalankan, menghentikan, dan menahan Game. Hal ini berfungsi dalam pengetesan Game yang di buat.

-Nomor 10-11 di gunakan untuk mengatur Layer (Layar) dan LayOut (Tata Letak)

Scene

Di bagian ini adalah bagian di mana kita mendesain Game kita. Scene View memudahkan kita meletak kan Objek dan mengatur tata letaknya serta mengatur sudut pandang kamera.
Dalam Scene View terdapat Kontroler Navigasi yang penampakan nya seperti di bawah ini

Ini berfungsi untuk melihat penampakan game kita (Ruang 3D) dari berbagai sumbu (x, y, z)

Di dalam Scene window ada 2 jenis scene.
1. Scene View

Merupakan tempat dimana kita mendesain permainan.Di sini pengaturan penampakan bisa di atur sesuka hati untuk melihat ruang 3D dari arah mana saja.







2. Game View

Adalah Tampilan game yang di tunjukkan ketika kita sedang mengetes Game atau menjalankan nya langsung di Unity3D. Kamera dalam Game View sesuai dengan settingan dan peletakan kamera yang telah di atur sebelumnya.
















Tampilan awal pada menu Unity







Tampilan kedua pada Menu Unity
                     









Macam-macam tools pada Unity 4

- File
*New Scene  : Untuk membuat tempat penyimpanan adegan game
*Open Scene  : Untuk membuka penyimpanan adegan game yang telah ada
*Save Scene  : Untuk Menyimpan adegan game
*New Scene As  : Untuk membuat adegan game dengan tema/nama yang baru
*New Project  : Untuk membuat proyek game baru
*Open Project  : Untuk Membuka proyek game yang telah ada
*Save Project  : Untuk menyimpan proyek game
*Build Setting  : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan
*Build & Run  : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan lalu menjalankannya
*Build in Clould  : menjadikan game dengan pergi ke WEB Unity3d
*Exit  : Untuk keluar dari Unity




– Edit :
*Undo  : Digunakan Untuk Membatalkan perintah
*Rendo  : Digunakan Untuk Kembali dari Pembatalan perintah
*Cut  : Digunakan Untuk Memindahkan Object di satu tempat ke tempat lain
*Copy  : Digunakan Untuk Menyalin Object dari satu tempat ke tempat lain
*Duplicate   : Digunakan Untuk Menggandakan Object
*Delete  : Digunakan Untuk Menghapus Object
*Frame Selected  : Digunakan Untuk Memilih Kerangka Object
*Lock View to Selected  : Digunakan Untuk Mengunci Object yang dipilih
*Find  : Digunakan Untuk Mencari Object dengan cepat
*Sellect All  : Digunakan Untuk Memilih semua Object
*Preferences  : Digunakan Untuk Mengatur Komponen Eksternal
*Modules  : Digunakan Untuk Memilih tipe perangkat Build
*Play  : Digunakan Untuk Memulai Game
*Pause  : Digunakan Untuk Menghentikan Sementara Game saat sedang berjalan
*Step  : Digunakan Untuk Melanjutkan ke Scene berikutnya
*Selection  : Digunakan Untuk Menyimpan Menyimpan & Memuat Pilihan
*Project Settings  : Berisi Pengaturan Pembuatan Game, Seperti Audio, Graphic, Player, Quality, Jaringan, dll
*Network Emulation  : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Jaringan
*Graphics Emulation  : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Grafik Game
*Snap Settings  : Digunakan Untuk Mengatur Snap Dalam Game


– Assets :
*Create  : Digunakan untuk Membuat Assets baru
*Show in Explorer  : Untuk Menampilkan Folder yang berisi semua project yang sedang kita buat di Partisi komputer
*Open  : untuk Membuka Assets
*Delete  : Untuk Menghapus Assets
*Import New Assets  : Digunakan Untuk Mengambil Assets dari drive
*Import Package  : Mengambil Assets yang telah ada dalam Unity3D
*Eksport Package  : Menyimpan Assets di dalam Drive
*Find References In Scene  : Digunakan Untuk Mencari Scene dengan cepat
*Select Defendecies  : Digunakan Untuk Memilih Defendecies
*Refresh  : Untuk Menyegarkan/Mengatur Ulang Assets yang berantakan
*Reimport  : Untuk Membatalkan satu Assets yang telah di import
*Reimport All  : Untuk Membatalkan semua Assets yang telah di import
*Run API Updater  : Untuk Memulai API Updater
*Sync MonoDevelop Project  : Digunakan Untuk Membuka MonoDevelop-Unity



Workspace kita, tempat kita bekerja, kalau untuk game 3D kita akan memasukkan benda, memutar benda, mengatur lokasi dengan melihat workspace ini
Inspector, merupakan tempat untuk mengatur property dari resources yang kita miliki, seperti misalnya ukuran gambar, texture yang dipakai dsb

Hirearchy, merupakan tempat untuk setiap object yang ada di unity, jadi misalkan kita punya orang, pohon, laut, awan, dsb semuanya akan masuk kesitu.
Resources, tempat kita menyimpan resource yang kita punya. Misalkan gambar untuk tekstur, suara, font, Scene, dsb semuanya akan ditaruh disini
untuk menggeser layar kerja
 untuk menggeser objek yang sedang dibuat
 untuk memperbesar objek yang sedang dibuat
 untuk memutar objek yang sedang kita buat

Menjalankan game untuk sesaat
 Ini berfungsi untuk melihat penampakan game kita (Ruang 3D) dari berbagai sumbu (x, y, z)

Berfungsi untuk camera pada game yang ingin dibuat
TOOLS PADA BLENDER

Tampilan awal pada Blender

Menu pada blender
1.    File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save, close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain
2.    Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera, lighting dan objek 3D
3.    Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
4.    Game berguna untuk memulai scripting program game
5.    Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6.    Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
1.    Camera  berfungsi untuk menapilkan objek dalam bentuk 3D atau memview gambar yang kita buat. Inilah merupakan Camera Modelling pada Blender.
2.    Cube , sebenarnya ini salah satu contoh bangunan objek 3D yang sudah disediakan.
3.    Point Lamp digunakan untuk efek pencahayaan pada 3D object.
4.    Tanda panah biru hijau dan merah itu untuk menggeser cube ke kanan, kiri dan atas

1.    Mesh
Mesh adalah objek terdiri dari  Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices(simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.
2.    Curve
Curve / Kurva adalah Object Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control handles atau control points.
3.    Surface
Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.
4.    Metaball
Metaball adalah object yang membentuk formasi berdasarkan volume 3D.
5.    Text
Text atau teks berfungsi menambahkan tulisan 2D
 Untuk mengatur cube ke kanan kiiri atas
 untuk mengatur cube memutar
 untuk mengatur cube memperbesar keatas, kebawah dan kesamping
 Shortcut of Numpad
     Bagi para pengguna laptop disarankan untuk mengaktifkan Emulate Numpad, karena berguna untuk menggantikan tombol Numpad, sehingga bisa menggunakan perintah Numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard bagian atas. Untuk mengaktifkan Emulate Numpad, bisa langsung menuju File -> user Preferences – input – ceklis menu emulate number – klik save user settting 

Berikut ini adalah fungsi angka-angka pada numpad pada keyboard nomor sebagai shortcut : 
Nomor [1] Tampak Depan
            [3] Tampak Kanan
            [7] Tampak Atas
            [2] Putar bawah 15 derajat
            [8] Putar atas 15 derajat
            [4] Putar Kiri “15derajat”
            [6] Putar Kanan “15derajat”
            [5] Orthographic atau Perspektif
            [0] Camera Perspektif
            [CTRL][2] Menggeser View Objek Ke atas
            [CTRL][8] Menggeser View Objek Kebawah
            [CTRL][4] Menggeser Objek Kesamping Kanan
            [CTRL][6] Menggeser objek kesamping kiri 


Mengexport file blender yang telah jadi ke unity






1.       Simpan file poject blender dengan klik File-Save as
2.       Lalu simpan folder dimana saja dengan format senjata AK.blend
3.       Lalu pilih Save as blender file di kanan atas
4.       Buka aplikasi UNITY
5.       Ambil file blender yang tadi anda simpan lalu drop ke bagian menu Assets yang ada pada aplikasi Unity
6.       Hasilnya kolom assets terlihat gambar senjata Ak
7.       Drop senjata AK ke layar Unity
8.       Hasil


















Membuat game FPS
1.       Klik menu file yang ada pada unity lalu klik New Project
 
2.       Ceklis semua yang ada pada kotak character, lalu klik tombol create
3.       Tampilan loading









4.       Hasil dengan layar unity yang kosong

Membuat stuktur tanah secara vertical dan horizontal
1.       Klik GameObject – Create Other – Terrain
 


2.       Lalu edit permukaan tanah itu dengan tools terrain


Nomor  1 : Digunakan untuk menaikkan atau menurunkan terrain
Nomor 2 : digunakan untuk menggambar ketinggian permukaan tanah
Nomor 3 : Digunakan untuk memberi efek tanah yang halus
Nomor 4 : Digunakan mewarnai tektur tanah
Nomor 5 : Digunakan untuk menambahkan asset pohon
Nomor 6 : Digunakan untuk menambahkan asset bunga rumput
Nomor 7 : Digunakan untuk mengatur ketinggian 


Membuat tekstur warna pada tanah
1.      Klik gambar pencil yang ada pada menu terrain
2.      Lalu klik edit textures –add textur
3.      Klik tombol select pada kolom pertama
4.     Lalu pilih textur yang kalian suka
HASIL
Hasilnya akan berubah dengan textur tanah menjadi berwarna hijau














Membuat tata cahaya pada layar game
1.      Pilih menu GameObject – create other
a.       Directional light efek seperti pencahayaan matahari
b.      Point light, spotlight, area light pencahayaan seperti lampu
2.      Pilih menu GameObject – create other
c.       Directional light efek seperti pencahayaan matahari
d.      Point light, spotlight, area light pencahayaan seperti lampu









Hasil







BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
4.1       Implementasi
Tujuan implementasi adalah untuk menerapkan perancangan yang telah dilakukan terhadap system  sehingga user dapat memberi masukan demi berkembangnya sistemyang telah dibangun sebagai simulasi dari game ( fps ) the mission of densus 88  jakarta. Adapun Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan implementasi dan pengujian aplikasi yaitu sebagai berikut:
            4.1.1    Perangkat keras (Hardware)
                        1.         PC dengan spesifikasi:
                                    - Prosesor: AMD FX 6300
                                    - VGA: AMD Radeon R9 270
                                    - Ram: 4GB DDR3
                                    - Hardisk : 500GB
            4.1.2    Perangkat Lunak (Software)
                        - Windows 8.1 64bit
                        - Unity 3D v4
                        - Blender






4.2       Implementasi Antarmuka
Tampilan game fps jungle war Stage 1 adalah sebagai berikut.
           
Gambar diatas adalah tampilan game pada stage 1 dengan tingkat kesulitan yang mudah . Di dalam stage 1 ini user dipermudah dengan tidak adanya pepohonan dan environmet yang mengganggu.
            Tampilan game fps jungle war Stage 2 adalah sebagai berikut.
Gambar diatas adalah tampilan game pada stage 2 dengan tingkat kesulitan yang sulit . Di dalam stage 2 ini user dipersulit dengan adanya pepohonan palem dan environment dan bukit bukit yang menggangu sehinngga mempersulit user saat memainkan game ini.



4.3       Testing (Pengujian)
Dengan menggunakan software Fraps dan dijalankan dengan spesifikasi PC:
- Prosesor: AMD FX 6300
                                    - VGA: AMD Radeon R9 270
                                    - Ram: 4GB DDR3
                                    - Hardisk : 500GB
·                     Resolusi HD
Menggunakan resolusi HD 1280x720 tidak terjadi lag atau drop fps dan fps stabil di 60 frame per second. Pengujian ini membuktikan bahwa game fps jungle war ringan dan tidak memberatkan sistem.






·                     Resolusi FullHD
Menggunakan resolusi FullHD 1920x1080 tidak terjadi lag atau drop fps dan fps stabil di 60 frame per second.Pengujian ini membuktikan bahwa game fps jungle war ringan dan tidak memberatkan sistem.
           








BAB V
PENUTUP

A.                Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengujian dan analisa pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Game FPS ini menambah keanekaragaman game fps yang telah ada sebelumnya dan tidak meminta spesifikasi pc yang tinggi untuk memainkannya.Game ini dirancang sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan efek bosan. Meski sederhana namun dengan inilah yang membedakan dengan Game fps  yang lain.

B.                Saran
Game ( fps ) the mission of densus 88  jakarta ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu perlu pengembangan lebih lanjut agar aplikasi game ini lebih bermanfaat. Adapun untuk penelitian selanjutnya ada beberapa hal yang disarankan.
1.      Lebih banyak menampilkan tingkat kesulitan (Stage Level) dalam game ini agar lebih menarik dan menghibur.
2.      Tampilan menu utama harus lebih user friendly agar lebih menarik.









DAFTAR PUSTAKA

[1]        link ://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/viewFile/247/222      [2]            http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.12.3190.pdf
[3]        pembuatan game edukasi pemberantasan koruptor berbasis 3d menggunakan unity 3d       program studi diii teknik informatika fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas sebelas maret surakarta
      [4]  Game FPS GamaShoot menggunakan Software Blender dan  unity 3d
             Muhammad Haki Fauzi dan Rodiah jurusan Teknik Informatika dari Universitas Gunadarma
[5] game adventure misteri kotak pandora menggunakan aplikasi  unity 3d dengan                      blender  Wahyu Pratama Program Studi Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
       [6] pembuatan aplikasi game 3 dimensi “the timi” menggunakan software unity 3d dengan blender
            Jurusan sistem informasi sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer amikom yogyakarta
      [7] Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police Personal Training

1 komentar:

  1. Anak unas juga hehe, btw kok acuannya gk sejenis ya? Gk game FPS semua gitu...

    BalasHapus