ABSTRAK
Game First
Person Shooter (fps) adalah salah satu jenis game (genre) yang digemari
menggunakan pandangan orang pertama di mana pemain seolah-olah menjadi karakter
utama dalam game yang berpusat pada permainan di sekitar senjata-senjata dan
peluru tempur. First Person Shooter
jenis 3D game shooter yang menampilkan orang pertama sudut pandang
dengan pemain yang melihat aksi melalui mata karakter permain. Tidak seperti orang ketiga penembak yang
terlihat dari bagian belakang atau samping, yang memungkinkan gamer untuk
melihat karakter mereka mengendalikan. Elemen desain utama adalah pertempuran,
terutama yang melibatkan senjata api.
Orang jujur pertama dapat dianggap sebagai genre yang berbeda dalam
dirinya sendiri, atau jenis permainan penembak, pada gilirannya sebuah subgenre
yang lebih luas permainan aksi genre.
Perancangan
Game FPS the mission of densus 88 of Jakarta berbasis 3D dengan menggunakan
unity 3D dan blender . Unity 3D adalah sebuah game engine yang menggunakan
bahasa pemrograman Javascript dan C# yang digunakan untuk membuat game 2D atau
3D pada konsol Personal Computer, Smartphone, Mac, dan media lainnya. Lisensi
yang diberikan ada yang free (gratis) atau berbayar.
Blender
adalah Blender adalah produk perangkat lunak open source 3d yang gratis yang
digunakan untuk membuat film animasi, efek visual (UV unwrapping), texturing,
modeling 3D, rigging, fluid dan smoke simulasi, rendering , camera tracking,
video editing dan juga memiliki game engine untuk pembuatan game. Software ini
dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. software ini termasuk
software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS
Kata Kunci: FPS, Javascript, C#, Unity3D, Blender
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Game merupakan salah satu hiburan
karena mampu mengurangi tingkat kepenatan seseorang dari rutinitas pekerjaan
setiap hari. Game juga mampu meningkatkan kecerdasan seseorang ketika game
tersebut memerlukan tingkat ketangkasan dari seorang pemain. Beberapa game yang
beredar saat ini terdapat unsur mendidik, ketangkasan dan ada pula unsur
kekerasan, maka ketika game itu diperjual belikan terdapat batas umur
pemakainya.Kemampuan sumber daya manusia ikut meningkat seiring perkembangan
teknologi informasi. Dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi, konsol
- konsol game pun ikut berkembang seperti perangkat konsol game Play Station 4,
X-Box 360 Slim dan Nintendo WII. Selain dari konsol, game juga bisa dijalankan
dari personal computer atau yang biasa disebut dengan PC Games.Game First
person Shooter sendiri banyak sekali yang telah terkenal dari masa ke masa.
Saat ini sudah banyak sekali bermacam macam game bergenre first person shooter
yang telah kita ketahui seperti Call of Duty, Counter Strike, Battlefield,
Point Blank dan lain sebagainya.Terinspirasi
dari game game fps yang ada penulis ingin membuat game fps sederhana yang
bernama Jungle War dengan menggunakan software Unity 3D.Pada penelitian studi
literatur yang sudah ada, Perancangan game Fps 3D [1]. Pembuatan game edukasi pemberantasan koruptor berbasis 3d
menggunakan unity 3d [2]. Game fps
gamashoot menggunakan software blender dan unity 3d [3]. Game adventure misteri kotak pandora menggunakan aplikasi unity 3d dengan blender [4] . Pembuatan aplikasi game 3 dimensi “the
timi” menggunakan software unity 3d dengan blender [5] perancangan game fps (first person shooter) police personal
training. Mengacu pada aplikasi dan jurnal yang penulis lihat terdapat beberapa
kekurangan seperti tidak adanya menu pilihan, tidak adanya petunjuk penggunaan
aplikasi serta suara informasi yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang
diatas dalam tugas metodologi penelitian ini mengambil judul “Perancangan
game ( fps ) the
mission of densus 88 jakarta menggunakan aplikasi blender dan unity 3d “
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
dengan judul tugas metodologi metodologi penelitian teknologi informasi yang
dibuat, maka mengidentifikasikan beberapa masalah pada perancangan ini yaitu:
1.
Dari
beberapa jurnal pembanding game yang dibuat cukup rumit dan mempunyai alur
cerita yang berbeda beda..
1.3
Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang diuraikan diatas maka masalah yang akan dibahas disini
adalah membuat sebuah game fps sederhana dengan berbagai fitur yang dapat
menunjang pemain agar nyaman dalam memainkan game first person shooter ini dan
dapat dimainkan dengan spesifikasi Personal Computer yang rendah.
1.4
Batasan
Masalah
Agar
ruang lingkup proyek akhir ini tidak menyimpang dari tujuan tugas metode
penelitian teknologi informasi, maka penulisan akan dibatasi ruang lingkupnya
sebagai berikut :
1.
Perancangan
Game First person Shooter akan dirancang dengan software Unity 3D dan Blender
2.
Game
ini hanya dapat berjalan pada perangkat Personal Computer
1.5
Tujuan
Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai pada pembuatan tugas metode penelitian teknologi informasi
dengan judul Perancangan Game First Person Shooter adalah:
1.
Membuat
Game Fps Sederhana yang tidak memberatkan sistem computer dan dapat dimainkan
dengan spesifikasi PC yang rendah.
2.
Membuat
game Fps yang mudah dimainkan oleh semua kalangan dan tidak ada batasan umur
untuk memainkannya.
1.6
Manfaat
Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai pada pembuatan tugas metode penelitian teknologi informasi
dengan judul Perancangan game fps ini dapat membantu orang-orang lebih mengenal
tentang game fps yang mudah dimainkan oleh segala macam usia dan mengenal kan
bahwa Unity 3D dapat membuat game bergenre First Person Shooter.
1.7
Metodologi
Penelitian
Metode
penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan
dalam “Perancangan game ( fps ) the
mission of densus 88 jakarta” serta
penulisan tugas metode penelitian teknologi informasi ini adalah sebagai berikut :
1.7.1
Metode
Pengumpulan Data
1.
Observasi
Data - data tentang game First Person Shooter
diperoleh dengan mencoba mempelajari dan mengamati game sejenis yang telah ada
secara langsung.
2.
Studi
Literatur
Mempelajari konsep
– konsep tentang game first person shooter pada jurnal jurnal terkait guna
mendukung game yang akan dikembangkan. Dengan demikian, analisa kebutuhan yang
akan digunakan untuk membangun game bisa diketahui seluruhnya.
3.
Internet
Data – data yang diperoleh dari situs web berupa
artikel, jurnal, bacaan-bacaan dan tutorial yang ada kaitannya dengan judul
penelitian untuk membantu dalam proses pembuatan Game ini.
1.7.2 Metode Perancangan
Aplikasi
Pada
perancangan aplikasi, penulis melakukan beberapa tahapan, yaitu :
1. Pre
Production : Proses penyiapan semua elemen yang akan digunakan. Seperti
pembuatan objek dan membuat desain.
2. Production : Proses pelaksanaan produksi yang
mengacu pada tujuan.
3. Post
Production : Proses Finishing dari suatu produksi. Seperti running(build)
aplikasi menjadi format exe.
Bagan alur kerja
pembuatan game
1.8 Sistematika Penulisan
Untuk memberikan suatu gambaran
yang jelas dan sistematis dalm mempermudah pemahaman , maka dalam penulisan
tugas metode penelitian teknologi informasi
ini dikelompokkan menjadi 5 bab, yaitu sebagai berikut :
BAB I :
PENDAHULUAN
Bab
ini mengenai latar belakang masalah yaitu hal-hal yang melatar belakangi
pengambilan judul “Game FPS the mission of densus 88 of Jakarta”. Kemudian
identifikasi masalah dan juga rumusan masalah , batasan masalah, tujuan dan
manfaat penelitian, metodologi penelitian ,serta sistematika penulisan.
BAB II :
STUDI PUSTAKA
Berisikan
tentang jurnal-jurnal atau aplikasi pembanding yang telah menjadi acuan dan
mendasari dalam pembuatan “Perancangan Game FPS the mission of densus 88 of
Jakarta berbasis 3D dengan menggunakan unity 3D dan blender”.
BAB III: TAHAP PERANCANGAN
Bab
ini menjelaskan tahap-tahap perancangan dalam pembuatan aplikasi, design
aplikasi, storyboard, spesifikasi sistem, serta gambaran umum rancangan
aplikasi
BAB IV: IMPLEMENTASI, TESTING ANALISA
Bab
ini berisikan pembahasan tentang implementasi aplikasi yangtelah dianalisa dan
pengujian sistem yang telah dilakukan.
BAB V :
KESIMPULAN DAN SARAN
Bab
ini berisi tentang kesimpulan dari aplikasi yang dibuat serta saran yang
diharapkan dapat memberikan solusi bagi sistem yang berjalan.
Daftar Pustaka
BAB
II
STUDI
PUSTAKA
1. PEMBUATAN GAME EDUKASI
PEMBERANTASAN KORUPTOR BERBASIS 3D MENGGUNAKAN UNITY 3D
Game edukasi
pemberantasan koruptor dengan judul game “The KPK Defense” ini memiliki tujuan
sebagai media edukasi dan ajakan bagi masyarakat dalam memerangi kejahatan
korupsi.
Game bergenre Tower
Defense dengan judul “The KPK Defense” ini mengangkat tema cerita yang
berhubungan dengan kritik sosial dan kemasyarakatan yang saat ini sedang
dialami oleh negara Indonesia, yaitu korupsi. Abraham Samad selaku pimpinan
tertinggi pada lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diangkat sebagai
tokoh utama dalam game ini. Sesuai tugasnya di lembaga tersebut Abraham akan
berusaha menangkap tokoh – tokoh nasional yang tertangkap basah telah melakukan
tindak pidana korupsi dan berusaha kabur dari kejaran para aparat KPK dengan
membawa kekayaan negara. Latar belakang tempat dan karakter diangkat sesuai
dengan kasus – kasus yang telah terjadi di Indonesia seperti kasus Hambalang,
Bank Century dan lain – lain.
Permainan The KPK
Defense berbasis 3D ini dibuat menggunakan Unity 3D GameEngine. The KPK Defense
memiliki jalan cerita aksi pencegahan korupsi yang bentuk permainannya adalah
mencegah musuh mencuri aset negara dan mencoba meloloskan diri dari kejaran KPK
menuju titik finish. Jenis permainan yang digunakan adalah Real Time Strategy,
dimana player sebagai pengguna langsung memainkan karakter utama pemberantas
korupsi, yaitu Abraham Samad
2.
Game FPS
GamaShoot menggunakan Software Blender dan
unity 3d
Tampilan Game Gama
Shoot menggunakan perpaduan software unity dan blender
Pada gambar diatas
adalah game yang dibuat oleh Muhammad Haki Fauzi dan Rodiah jurusan Teknik
Informatika dari Universitas Gunadarma yang membuat sebuah game FPS yang
menggunakan perpaduan software blender dan Unity 3D dalam proses pembuatannya.
First-Person Shooter 3D game yang dibuat dengan Unity 3D dan Blender telah
berhasil menghasilkan suatu permainan dengan karakter berupa arah pergerakan,
arah pandangan, menembak, mengisi peluru, dan membidik. Semua fungsi tersebut
disatukan pada sebuah karakter
pemain dengan sebuah
game engine yaitu Unity 3D. Suatu animasi perlu sekali disertakan agar
pemain merasa terkesan saat memainkannya, seperti animasi mengisi amunisi
(reload).Pengembangan juga dapat dilakukan dari sisi audio seperti suara
berjalan, suara ledakan, dan lain-lain.Penambahan dari fasilitas
senjata-senjata pelengkap lainnya seperti bom, pisau, dan tameng juga dapat
menjadi pengembangan selanjutnya pada game ini.
3.
GAME ADVENTURE MISTERI
KOTAK PANDORA menggunakan aplikasi unity
3d dengan blender
Wahyu Pratama Program
Studi Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
Dalam game “Game
Adventure Misteri Kotak Pandora” disajikan dengan visualisasi 3d dan dengan latar
belakang tempat yang mempunyai unsur budaya Indonesia seperti adanya candi
dalam latar belakang tempat pada game ini.
Materi atau cerita
yang disajikan tentang sebuah game yang menceritakan seorang mahasiswa yang
mengalami hal-hal ghaib yang terjadi di kampusnya dan mempunyai misi untuk
menguak misteri kotak Pandora agar kampusnya kembali aman. b. Game ini
mempunyai 4 level dan setiap levelnya mempunyai tantangan atau kesulitan
berbeda-beda.
Tujuan dari aplikasi
Game Adventure Misteri Kotak Pandora yaitu sebagai salah satu bentuk cara ikut
memajukan dan berpartisipasi dalam dunia game Indonesia. Game ini disajikan
dalam bentuk *.exe yang siap digunakan dan dimainkan oleh orang yang berusia 17
tahun keatas atau disebut mature, serta dengan visualisasi gambar yang menarik
serta pusaka kotak Pandora dan mengembalikannya ke Watu Graha. Pemain harus
berhati hati, karena bukan kekuatanlah yang bisa mengalahkannya namun dengan
kepintaran dan akal. Jika dalam level ini pemain kalah, maka pemain akan
kembali mengulang pada level in
Dalam membuat sebuah
game, sangat dibutuhkan cerita yang unik dan menarik yang melatar belakangi
sebuah game tersebut. Cerita yang kuat akan menambah nilai pada sebuah game.
Pemain akan serasa ada dalam cerita game itu. Sedangkan cerita yang unik di
sebuah game sebagai nilai tambah yang membedakan dari game lainnya. Namun untuk
menciptakan suatu cerita yang bagus, harus menentukan tema dahulu agar nantinya
cerita lebih mendetail dan tidak melebar kepembahasan lainnya. Tema yang menarik
merupakan hal dasar untuk mengembangkan suatu karya. Proses selanjutnya setelah
membuat sebuah cerita untuk game kemudian dilanjutkan dengan menentukan
perangkat yang akan digunakan untuk pembuatan game. Dalam tahap ini, dilakukan
pembuatan spesifikasi meliputi program Game Adventure Misteri Kotak Pandora,
tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program
link
://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/viewFile/247/222
4. PEMBUATAN APLIKASI GAME
3 DIMENSI “THE TIMI” MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D DENGAN BLENDER
JURUSAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM YOGYAKARTA
1.
Game
“The Timi” adalah game 3 dimensi dengan jenis adventure game. Game ini dapat
digunakan sebagai sarana belajar hitung dasar matematika karena didalamnya
terdapat pertanyaan seputar matematika dasar antara lain penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian. Game ini memiliki aturan yang harus
dipatuhi, yaitu harus mengitari lokasi sekitar (map) untuk dapat menemukan Non Player
Character (NPC) dan harus menghindari rintangan agar nyawa tidak habis. NPC
akan memberikan pertanyaan pertanyaan yang harus dijawab sesuai dengan level
dan jenis pertanyaan tersebut. Pemain yang berhasil menjawab pertanyaan akan
lanjut ke stage berikutnya.
2.
Pemain
dapat memulai permainan baru. 2. Pemain dapat memilih level. 3. Navigasi game
meliputi: 9 Menu utama yang berisi menu lanjut, mulai, pilih game dan kredit. 9
Navigasi mulai adalah pada saat pertama kali game dimainkan. 9 Navigasi lanjut
berisi level terakhir saat dimainkan. 9 Navigasi pilih game berisi pilihan
level 1, 2 dan 3 apabila pemain sudah menyelesaikan semua level. 9 Navigasi
kredit berisi tentang informasi pihak pembuat game.
5. Perancangan Game FPS
(First Person Shooter) Police Personal Training
Game Police Personal
Shooter ini dimodeling dengan aplikasi Blender dan menggunakan Unity 5 sebagai
game engine.Blender merupakan aplikasi modeling open source yang banyak
digunakan untuk membuat animasi dan modeling.selain itu Unity 5 merupakan
aplikasi game engine yang sering digunakan untuk membuat game.Game Police
Personal Shooter termasuk sederhana dan mudah untuk diselesaikan.Terdapat 2
scene dalam game ini. Scene 1 yaitu menembak target sasaran dan scene 2
menghancurkan gambar teroris. Pemain yang merupakan calon polisi cukup
mendapatkan score tertentu dengan menembak target sasaran dan menghancurkan
gambar teroris untuk mendapatkan score dan menyelesaikan permainan.
2.1.6 Kesimpulan
|
Jurnal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
ME
|
1
|
3D
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2
|
face game
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
3
|
Spek kom rendah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
4
|
Cahaya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
5
|
Desaign
costum
|
√
|
√
|
-
|
-
|
√
|
√
|
6
|
About
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
7
|
Ptjk. Bermain
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
8
|
Menu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
9
|
Suara
tertembak
|
√
|
√
|
-
|
-
|
√
|
√
|
10
|
Suara senjata
|
√
|
√
|
-
|
-
|
√
|
√
|
11
|
Suara music
|
√
|
√
|
√
|
-
|
√
|
√
|
12
|
Suara
berjalan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
13
|
Suara isi
peluru
|
√
|
√
|
-
|
-
|
√
|
√
|
14
|
Efek ledakan
|
√
|
√
|
-
|
-
|
√
|
√
|
15
|
Senjata
pelengkap
|
√
|
√
|
-
|
-
|
√
|
√
|
16
|
Level game
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
17
|
Peta
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
18
|
Pengisian
peluru
|
√
|
√
|
-
|
-
|
√
|
√
|
19
|
Kesulitan
game
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
20
|
Objek pohon
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
21
|
Objek gedung
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
22
|
Objek rumah
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
23
|
Objek mobil
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
√
|
24
|
Menu
penyimpanan game
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
25
|
Menu volume
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
26
|
Menu game
over
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
BAB III
Tahap Perancangan
3.1 Spesifikasi Sistem
Sistem
dikembangkan dengan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang
digunakan seperti dijelaskan pada tabel 3.1 dan 3.2.
Spesifikasi
Perangkat Keras
|
|
Prosesor
|
AMD FX 6300
|
Memori
|
4 GB
|
Harddisk
|
500GB
|
Tabel 3.1. Spesifikasi Perangkat Keras Pengembangan
Sistem
Spesifikasi
Perangkat Lunak
|
|
Sistem Operasi
|
Windows 8
|
Bahasa Pemrograman
|
Java
|
Tabel 3.2. Spesifikasi Perangkat Lunak Pengembangan
Sistem
Tools yang digunakan untuk
membuat game FPS Jungle War menggunakan Unity 3D
3.2 Tahap
Pre Production
Pada bagian ini akan
diterangkan mengenai beberapa dasar pengetahuan
pengertian tools yang terkait dengan penelitian ini dan tahap-tahap instalasi tool yang akan
dilakukan dalam membuat Aplikasi ini.
3.2.1
First Person Shooter
Game First Person Shooter (fps) adalah salah satu
jenis game (genre) yang digemari menggunakan pandangan orang pertama di mana
pemain seolah-olah menjadi karakter utama dalam game yang berpusat pada
permainan di sekitar senjata-senjata dan peluru tempur. First Person
Shooter jenis 3D game shooter yang
menampilkan orang pertama sudut pandang dengan pemain yang melihat aksi melalui
mata karakter permain. Tidak seperti
orang ketiga penembak yang terlihat dari bagian belakang atau samping, yang
memungkinkan gamer untuk melihat karakter mereka mengendalikan. Elemen desain
utama adalah pertempuran, terutama yang melibatkan senjata api. Orang jujur pertama dapat dianggap sebagai
genre yang berbeda dalam dirinya sendiri, atau jenis permainan penembak, pada
gilirannya sebuah subgenre yang lebih luas permainan aksi genre.
Kebutuhan Software
Unity adalah salah satu game engine yang banyak
digunakan. Dengan software ini, membuat game sendiri dapat dilakukan dengan
lebih mudah dan cepat. Hebatnya lagi, unity mensuport pembuatan game dalam
berbagai platform, misal Unity Web, Windows, Mac, Android, iOS, XBox,
Playstation 3 dan Wii. Pada Unity terdapat hal penting untuk membuat atau
membangun suatu karya, diantaranya yaitu:
a. Project
Project merupakan kumpulan dari komponen – komponen
yang dikemas menjadi satu dalam sebuah software agar bisa di build menjadi
sebuah aplikasi. Pada Unity, project berisi identitas aplikasi yang meliputi
nama project, platform building. Kemudian package apa saja yang akan digunakan,
satu atau beberapa scene aplikasi, asset, dan lain – lain.
b. Scene
Scene dapat disebut juga dengan layar atau tempat
untuk membuat layar aplikasi.Scene dapat dianalogikan sebagai level permainan,
meskipun tidak selamanya scene adalah level permainan. Misal, level1 anda
letakkan pada scene1, level2 pada scene2, dst. Namun scene tidak selamanya
berupa level, bisa jadi lebih dari satu level anda letakkan dalam satu scene.
Game menu biasanya juga diletakkan pada satu scene tersendiri.Suatu scene dapat
berisi beberapa Game Object.Antara satu scene dengan scene lainnya bisa
memiliki Game Object yang berbeda.
c. Asset dan Package
Asset
dan Package adalah mirip, suatu asset dapat terdiri dari beberapa package.
Asset atau package adalah sekumpulan object yang disimpan. Object dapat berupa
Game Object, terrain, dan lain sebagainya.. Dengan adanya asset/package anda
tidak perlu susah-susah membuat object lagi jika anda telah membuatnya
sebelumnya. Anda dapat mengimport nya dari project lama anda.
Sistem Minimal
Unity 3D
·
Prosesor
intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64 3 GHz
·
Sistem Operasi microsoft windows 7 SP1, windows
8 atau windows 8.1 dan Mac OS X 10.7
·
RAM 2 GB
·
Ruang Harddisk 3.2 GB
·
Monitor dengan resolusi 1024x768 dengan 16 bit
color dan 512VRAM
·
OpenGL 2.0
·
Koneksi Internet
3.2.2 Interface Software
Sebelum memulai
merancang game yg akan di buat disini akan di jelaskan interface di dalam
software Unity 3D
Di dalam Unity ada beberapa interface
yaitu:
·
Toolbar
·
Scene
·
Hierarchy
·
Inspector
Toolbar
Toolbar di sana merupakan kontrol utama dalam Unity3D.Mari kita lihat satu-persatu.
Tombol nomor 1-4 merupakan Transform Tool yang akan di gunakan untuk melihat ruang 3 Dimensi dari berbagai sisi dan mengubah bentuk-bentuk objek 3 Dimensi tsb.
1. Zoom Tool = Memperdekat/jauh penampakan
2. Move Tool = Memindahkan/menggeser objek 3D
3. Rotate Tool = Memutar objek 3D
4. Scale Tool = Memperbesar/memperkecil ukuran objek 3D
-Berikutnya nomor 5 dan 6 digunakan untuk memilih penampakan Gizmo. Dalam Unity3D Bisa memilih 2 penampakan yaitu Global dan Local.
-Nomor 7-9 merupakan Runner dalam Unity. Berfungsi untuk menjalankan, menghentikan, dan menahan Game. Hal ini berfungsi dalam pengetesan Game yang di buat.
-Nomor 10-11 di gunakan untuk mengatur Layer (Layar) dan LayOut (Tata Letak)
Scene
2. Move Tool = Memindahkan/menggeser objek 3D
3. Rotate Tool = Memutar objek 3D
4. Scale Tool = Memperbesar/memperkecil ukuran objek 3D
-Berikutnya nomor 5 dan 6 digunakan untuk memilih penampakan Gizmo. Dalam Unity3D Bisa memilih 2 penampakan yaitu Global dan Local.
-Nomor 7-9 merupakan Runner dalam Unity. Berfungsi untuk menjalankan, menghentikan, dan menahan Game. Hal ini berfungsi dalam pengetesan Game yang di buat.
-Nomor 10-11 di gunakan untuk mengatur Layer (Layar) dan LayOut (Tata Letak)
Scene
Di bagian ini adalah bagian di mana kita mendesain Game kita. Scene View memudahkan kita meletak kan Objek dan mengatur tata letaknya serta mengatur sudut pandang kamera.
Dalam Scene View terdapat Kontroler Navigasi yang penampakan nya seperti di bawah ini
Ini berfungsi untuk melihat penampakan game kita (Ruang 3D) dari berbagai sumbu (x, y, z)
Di dalam Scene window ada 2 jenis scene.
1. Scene View
Merupakan tempat dimana kita mendesain permainan.Di sini
pengaturan penampakan bisa di atur sesuka hati untuk melihat ruang 3D dari arah
mana saja.
2. Game View
Adalah Tampilan game yang di tunjukkan ketika kita sedang mengetes Game atau menjalankan nya langsung di Unity3D. Kamera dalam Game View sesuai dengan settingan dan peletakan kamera yang telah di atur sebelumnya.
Tampilan
awal pada menu Unity
Tampilan kedua pada Menu Unity
Macam-macam
tools pada Unity 4
- File
*New Scene : Untuk membuat tempat
penyimpanan adegan game
*Open Scene : Untuk membuka penyimpanan adegan game yang telah ada
*Save Scene : Untuk Menyimpan adegan game
*New Scene As : Untuk membuat adegan game dengan tema/nama yang baru
*New Project : Untuk membuat proyek game baru
*Open Project : Untuk Membuka proyek game yang telah ada
*Save Project : Untuk menyimpan proyek game
*Build Setting : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan
*Build & Run : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan lalu menjalankannya
*Build in Clould : menjadikan game dengan pergi ke WEB Unity3d
*Exit : Untuk keluar dari Unity
*Open Scene : Untuk membuka penyimpanan adegan game yang telah ada
*Save Scene : Untuk Menyimpan adegan game
*New Scene As : Untuk membuat adegan game dengan tema/nama yang baru
*New Project : Untuk membuat proyek game baru
*Open Project : Untuk Membuka proyek game yang telah ada
*Save Project : Untuk menyimpan proyek game
*Build Setting : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan
*Build & Run : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan lalu menjalankannya
*Build in Clould : menjadikan game dengan pergi ke WEB Unity3d
*Exit : Untuk keluar dari Unity
–
Edit :
*Undo : Digunakan Untuk
Membatalkan perintah
*Rendo : Digunakan Untuk Kembali dari Pembatalan perintah
*Cut : Digunakan Untuk Memindahkan Object di satu tempat ke tempat lain
*Copy : Digunakan Untuk Menyalin Object dari satu tempat ke tempat lain
*Duplicate : Digunakan Untuk Menggandakan Object
*Delete : Digunakan Untuk Menghapus Object
*Frame Selected : Digunakan Untuk Memilih Kerangka Object
*Lock View to Selected : Digunakan Untuk Mengunci Object yang dipilih
*Find : Digunakan Untuk Mencari Object dengan cepat
*Sellect All : Digunakan Untuk Memilih semua Object
*Preferences : Digunakan Untuk Mengatur Komponen Eksternal
*Modules : Digunakan Untuk Memilih tipe perangkat Build
*Play : Digunakan Untuk Memulai Game
*Pause : Digunakan Untuk Menghentikan Sementara Game saat sedang berjalan
*Step : Digunakan Untuk Melanjutkan ke Scene berikutnya
*Selection : Digunakan Untuk Menyimpan Menyimpan & Memuat Pilihan
*Project Settings : Berisi Pengaturan Pembuatan Game, Seperti Audio, Graphic, Player, Quality, Jaringan, dll
*Network Emulation : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Jaringan
*Graphics Emulation : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Grafik Game
*Snap Settings : Digunakan Untuk Mengatur Snap Dalam Game
*Rendo : Digunakan Untuk Kembali dari Pembatalan perintah
*Cut : Digunakan Untuk Memindahkan Object di satu tempat ke tempat lain
*Copy : Digunakan Untuk Menyalin Object dari satu tempat ke tempat lain
*Duplicate : Digunakan Untuk Menggandakan Object
*Delete : Digunakan Untuk Menghapus Object
*Frame Selected : Digunakan Untuk Memilih Kerangka Object
*Lock View to Selected : Digunakan Untuk Mengunci Object yang dipilih
*Find : Digunakan Untuk Mencari Object dengan cepat
*Sellect All : Digunakan Untuk Memilih semua Object
*Preferences : Digunakan Untuk Mengatur Komponen Eksternal
*Modules : Digunakan Untuk Memilih tipe perangkat Build
*Play : Digunakan Untuk Memulai Game
*Pause : Digunakan Untuk Menghentikan Sementara Game saat sedang berjalan
*Step : Digunakan Untuk Melanjutkan ke Scene berikutnya
*Selection : Digunakan Untuk Menyimpan Menyimpan & Memuat Pilihan
*Project Settings : Berisi Pengaturan Pembuatan Game, Seperti Audio, Graphic, Player, Quality, Jaringan, dll
*Network Emulation : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Jaringan
*Graphics Emulation : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Grafik Game
*Snap Settings : Digunakan Untuk Mengatur Snap Dalam Game
–
Assets :
*Create : Digunakan untuk Membuat
Assets baru
*Show in Explorer : Untuk Menampilkan Folder yang berisi semua project yang sedang kita buat di Partisi komputer
*Open : untuk Membuka Assets
*Delete : Untuk Menghapus Assets
*Import New Assets : Digunakan Untuk Mengambil Assets dari drive
*Import Package : Mengambil Assets yang telah ada dalam Unity3D
*Eksport Package : Menyimpan Assets di dalam Drive
*Find References In Scene : Digunakan Untuk Mencari Scene dengan cepat
*Select Defendecies : Digunakan Untuk Memilih Defendecies
*Refresh : Untuk Menyegarkan/Mengatur Ulang Assets yang berantakan
*Reimport : Untuk Membatalkan satu Assets yang telah di import
*Reimport All : Untuk Membatalkan semua Assets yang telah di import
*Run API Updater : Untuk Memulai API Updater
*Sync MonoDevelop Project : Digunakan Untuk Membuka MonoDevelop-Unity
*Show in Explorer : Untuk Menampilkan Folder yang berisi semua project yang sedang kita buat di Partisi komputer
*Open : untuk Membuka Assets
*Delete : Untuk Menghapus Assets
*Import New Assets : Digunakan Untuk Mengambil Assets dari drive
*Import Package : Mengambil Assets yang telah ada dalam Unity3D
*Eksport Package : Menyimpan Assets di dalam Drive
*Find References In Scene : Digunakan Untuk Mencari Scene dengan cepat
*Select Defendecies : Digunakan Untuk Memilih Defendecies
*Refresh : Untuk Menyegarkan/Mengatur Ulang Assets yang berantakan
*Reimport : Untuk Membatalkan satu Assets yang telah di import
*Reimport All : Untuk Membatalkan semua Assets yang telah di import
*Run API Updater : Untuk Memulai API Updater
*Sync MonoDevelop Project : Digunakan Untuk Membuka MonoDevelop-Unity
Workspace
kita, tempat kita bekerja, kalau untuk game 3D kita akan memasukkan benda,
memutar benda, mengatur lokasi dengan melihat workspace ini
Inspector,
merupakan tempat untuk mengatur property dari resources yang kita miliki,
seperti misalnya ukuran gambar, texture yang dipakai dsb
Hirearchy,
merupakan tempat untuk setiap object yang ada di unity, jadi misalkan kita
punya orang, pohon, laut, awan, dsb semuanya akan masuk kesitu.
Resources,
tempat kita menyimpan resource yang kita punya. Misalkan gambar untuk tekstur,
suara, font, Scene, dsb semuanya akan ditaruh disini
Menjalankan
game untuk sesaat
TOOLS PADA BLENDER
Tampilan awal pada Blender
Menu
pada blender
1.
File yang merupakan menu utama untuk melakukan new, open, save,
close, setting dan yang lainnya sebagai mana pada program 3D lain
2.
Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, seperti kamera,
lighting dan objek 3D
3.
Timeline digunakan untuk mengatur animasi pada blender
4.
Game berguna untuk memulai scripting program game
5.
Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6.
Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan
berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
1.
Camera berfungsi untuk menapilkan objek dalam bentuk 3D atau
memview gambar yang kita buat. Inilah merupakan Camera Modelling pada Blender.
2.
Cube , sebenarnya ini salah satu contoh bangunan objek 3D yang sudah
disediakan.
3.
Point Lamp digunakan untuk efek pencahayaan pada 3D object.
4.
Tanda panah biru hijau dan merah itu untuk menggeser cube ke kanan, kiri
dan atas
1. Mesh
Mesh adalah objek terdiri dari Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices(simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.
Mesh adalah objek terdiri dari Polygonal Faces (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices(simpul), semuanya dapat diedit dengan editing tools di Blender.
2. Curve
Curve / Kurva adalah Object
Matematis yang dapat memanipulasi vertices dengan control
handles atau control points.
3. Surface
Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.
Surfaces / permukaan patch empat sisi yang termanipulasi dengan control points. Ini berguna untuk bentuk yang organik dan melingkar tetapi sederhana.
4. Metaball
Metaball adalah object yang
membentuk formasi berdasarkan volume 3D.
5.
Text
Text atau teks berfungsi menambahkan
tulisan 2D
Shortcut of Numpad
Bagi para pengguna laptop disarankan
untuk mengaktifkan Emulate Numpad, karena berguna untuk menggantikan tombol
Numpad, sehingga bisa menggunakan perintah Numpad dengan menekan tombol angka
pada keyboard bagian atas. Untuk mengaktifkan Emulate Numpad, bisa langsung
menuju File -> user Preferences – input – ceklis menu emulate number – klik
save user settting
Berikut ini adalah fungsi angka-angka pada numpad pada
keyboard nomor sebagai shortcut :
Nomor [1] Tampak Depan
[3] Tampak Kanan
[7] Tampak Atas
[2] Putar bawah 15 derajat
[8] Putar atas 15 derajat
[4] Putar Kiri “15derajat”
[6] Putar Kanan “15derajat”
[5] Orthographic atau Perspektif
[0] Camera Perspektif
[CTRL][2] Menggeser View Objek Ke atas
[CTRL][8] Menggeser View Objek Kebawah
[CTRL][4] Menggeser Objek Kesamping Kanan
[CTRL][6] Menggeser objek kesamping kiri
Nomor [1] Tampak Depan
[3] Tampak Kanan
[7] Tampak Atas
[2] Putar bawah 15 derajat
[8] Putar atas 15 derajat
[4] Putar Kiri “15derajat”
[6] Putar Kanan “15derajat”
[5] Orthographic atau Perspektif
[0] Camera Perspektif
[CTRL][2] Menggeser View Objek Ke atas
[CTRL][8] Menggeser View Objek Kebawah
[CTRL][4] Menggeser Objek Kesamping Kanan
[CTRL][6] Menggeser objek kesamping kiri
Mengexport
file blender yang telah jadi ke unity
1.
Simpan file poject blender dengan
klik File-Save as
2.
Lalu simpan folder dimana saja
dengan format senjata AK.blend
3.
Lalu pilih Save as blender file
di kanan atas
4.
Buka aplikasi UNITY
5.
Ambil file blender yang tadi
anda simpan lalu drop ke bagian menu Assets yang ada pada aplikasi Unity
6.
Hasilnya kolom assets terlihat
gambar senjata Ak
7.
Drop senjata AK ke layar Unity
8.
Hasil
Membuat
game FPS
1.
Klik menu file yang ada pada
unity lalu klik New Project
2.
Ceklis semua yang ada pada
kotak character, lalu klik tombol create
3.
Tampilan loading
4. Hasil dengan layar unity yang kosong
Membuat stuktur tanah
secara vertical dan horizontal
1. Klik GameObject – Create Other – Terrain
2. Lalu edit permukaan tanah itu dengan tools
terrain
Nomor 1 : Digunakan untuk menaikkan atau menurunkan
terrain
Nomor 2 :
digunakan untuk menggambar ketinggian permukaan tanah
Nomor 3 :
Digunakan untuk memberi efek tanah yang halus
Nomor 4 :
Digunakan mewarnai tektur tanah
Nomor 5 :
Digunakan untuk menambahkan asset pohon
Nomor 6 :
Digunakan untuk menambahkan asset bunga rumput
Nomor 7 :
Digunakan untuk mengatur ketinggian
Membuat
tekstur warna pada tanah
1. Klik gambar pencil yang ada pada menu terrain
2. Lalu klik edit textures –add textur
3.
Klik tombol select pada kolom pertama
4.
Lalu pilih textur yang kalian suka
HASIL
Hasilnya akan berubah dengan textur tanah menjadi berwarna
hijau
Membuat tata cahaya pada layar game
1.
Pilih menu GameObject – create other
a.
Directional light efek seperti pencahayaan matahari
b.
Point light, spotlight, area light pencahayaan seperti lampu
2.
Pilih menu GameObject – create other
c.
Directional light efek seperti pencahayaan matahari
d.
Point light, spotlight, area light pencahayaan seperti lampu
BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
4.1 Implementasi
Tujuan implementasi
adalah
untuk menerapkan
perancangan yang
telah dilakukan terhadap system sehingga
user dapat memberi masukan
demi
berkembangnya
sistemyang
telah dibangun sebagai
simulasi
dari game ( fps ) the mission of densus
88 jakarta. Adapun Perangkat
keras
dan perangkat
lunak
yang digunakan untuk
melakukan implementasi
dan pengujian aplikasi
yaitu
sebagai berikut:
4.1.1 Perangkat
keras (Hardware)
1. PC dengan spesifikasi:
-
Prosesor: AMD FX 6300
-
VGA: AMD Radeon R9 270
-
Ram: 4GB DDR3
-
Hardisk : 500GB
4.1.2 Perangkat
Lunak (Software)
-
Windows 8.1 64bit
-
Unity 3D v4
-
Blender
4.2 Implementasi Antarmuka
Tampilan game fps jungle war Stage 1 adalah sebagai
berikut.
Gambar
diatas adalah tampilan game pada stage 1 dengan tingkat kesulitan yang mudah .
Di dalam stage 1 ini user dipermudah dengan tidak adanya pepohonan dan
environmet yang mengganggu.
Tampilan game fps jungle war Stage 2
adalah sebagai berikut.
Gambar diatas adalah
tampilan game pada stage 2 dengan tingkat kesulitan yang sulit . Di dalam stage
2 ini user dipersulit dengan adanya pepohonan palem dan environment dan bukit
bukit yang menggangu sehinngga mempersulit user saat memainkan game ini.
4.3 Testing (Pengujian)
Dengan menggunakan software
Fraps dan dijalankan dengan spesifikasi PC:
-
Prosesor: AMD FX 6300
-
VGA: AMD Radeon R9 270
-
Ram: 4GB DDR3
-
Hardisk : 500GB
·
Resolusi HD
Menggunakan
resolusi HD 1280x720 tidak terjadi
lag atau drop fps dan fps stabil di 60 frame per second. Pengujian ini
membuktikan bahwa game fps jungle war ringan dan tidak memberatkan sistem.
·
Resolusi FullHD
Menggunakan resolusi FullHD 1920x1080 tidak terjadi lag atau
drop fps dan fps stabil di 60 frame per second.Pengujian ini membuktikan bahwa
game fps jungle war ringan dan tidak memberatkan sistem.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengujian dan analisa pada bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Game FPS ini menambah keanekaragaman
game fps yang telah ada sebelumnya dan tidak meminta spesifikasi pc yang tinggi
untuk memainkannya.Game ini dirancang sedemikian rupa sehingga tidak
menimbulkan efek bosan. Meski sederhana namun dengan inilah yang membedakan
dengan Game fps yang lain.
B.
Saran
Game ( fps ) the mission of densus
88 jakarta ini masih
terdapat banyak kekurangan oleh karena itu perlu pengembangan lebih lanjut agar
aplikasi game ini lebih bermanfaat. Adapun untuk penelitian selanjutnya ada
beberapa hal yang disarankan.
1.
Lebih banyak menampilkan tingkat kesulitan (Stage Level)
dalam game ini agar lebih menarik dan menghibur.
2.
Tampilan menu utama harus lebih user friendly agar lebih
menarik.
DAFTAR PUSTAKA
[1] link
://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/viewFile/247/222 [2] http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_08.12.3190.pdf
[3] pembuatan
game edukasi pemberantasan koruptor berbasis 3d menggunakan unity 3d program studi diii teknik informatika
fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas sebelas maret
surakarta
[4] Game FPS
GamaShoot menggunakan Software Blender
dan unity 3d
Muhammad Haki Fauzi dan Rodiah
jurusan Teknik Informatika dari Universitas Gunadarma
[5]
game adventure misteri
kotak pandora menggunakan aplikasi unity
3d dengan blender Wahyu Pratama
Program Studi Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
[6]
pembuatan aplikasi game 3 dimensi
“the timi” menggunakan software unity 3d dengan blender
Jurusan
sistem informasi sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer amikom
yogyakarta
[7] Perancangan Game FPS (First Person Shooter) Police
Personal Training
Anak unas juga hehe, btw kok acuannya gk sejenis ya? Gk game FPS semua gitu...
BalasHapus